Blogger Widgets

Kamis, 20 Oktober 2016

Memahami Konsep Diri Teori Johari Window

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tetapi terkadang setiap manusia mengalami hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, bqik itu dalam lingkungan keluarga, pekerjaan maupun masyarakat umum. Salah satu cara mempermudab kegiatan sosialnya adalah dengan cara mengetahui konsep diri. Setiap manusia memiliki konsep diri. Konsep diri adalah faktor yang sangat penting dan menentukan dalam komunikasi antar pribadi. Konsep diri memainkan peran yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan hidup seseorang, karena sebagian besar kondep diri mengatur segala tindakan yang akan dilakukan dalam aktivitas manusia, Dengan adanya konsep diri yang positif maka akan terbentuk pula kepribadian manusia yang positif secara sendirinya

1.Open Area
Lebih menekankan kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh diri kita sendiri dan orang lain. Seperti nama, jabatan, pangkat, status perkawinan, lulusan mana, dll. Saat manusia memulai suatu relasi dengan orang lain, maka akan menginformasikan suatu hal-ahl yang mudah tentang dirinya. Semakin lama menjalin relasi tersebut dengan orang lain maka pendalaman mengenai i formasi akan semakin bertambah untuk diberitahukan kepada orang lain, dan mengurangi hal hal yang disembunyikan atau mulai terbuka. Makin besar open area, makin produktif dan menguntungkan hubungan interpersonal seseorang.

2.Hidden Area
Menekankan kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh orang lain, tetapi tidak diketahui oleh diri kita sendiri. Informasi ini meliputi perhatian kita mengenai atasan, pekerjaan, keuangan, keluarga, kesehatan, dll. Dengan tidak berbagi mengenai hidden area (tidak terbuka)  biasanya akan menjadi penghambat dalam relasi. Hal ini akan membuat orang lain salah paham tentang diri nya, dan dalam lingkungan pekerjaaan cenderung sulit mendapatkan kepercayaan orang

3. Blind Area
Blind area adalah kebalikan dari hidden area, Menekankan kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh diri kita sendiri, tetapi tidak diketahui oleh orang lain. Misalnya bagaiman acara menghadapi suatu masalah, atau mengerjakan sesuatu. Apabila seseorang semakin kita memahami kekuatan dan kelemahan dirinya yang diketahui orang lain, maka akan semakin menunjang dalam bekerja tim.

4. Unknown Area
Unknow area adalah suatu yang berada di alam bawah sadar kita, Lebih menekankan kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang tidak diketahui, baik oleh diri kita sendiri ataupun oleh orang lain. Alam bawah sadar ini akan disadari apabila seseorang telah mengalami pengalaman yang memperlihatkan gelagat atau gesture nya. Misalnya ketika seseorang sedang jatuh cinta tanpa dia sadari dia mwnjadi seseorang yang salag tingkah didepan orang yang dia sukai, sehingga orang-orang sekitar menyadarinya dengan alami tanpa kita sadari sebelumnya.

Referensi :
http://sourcesofinsight.com/know-and-share-yourself-enough/

0 komentar:

Posting Komentar